Kamis, 20 September 2012

SMP NEGERI 8 (SSN) CILACAP MAKIN MAJU DAN BERPRESTASI


Saat ini SMP Negeri  8 Cilacap mengalami banyak kemajuan dan berkembang pesat,  karena selain  sudah berstatus SSN,  juga banyak sekali masyarakat yang menyekolahkan putra putrinya ke awkolah ini untuk tahun ajaran 2012-2013.
            “Kami hanya berusaha semaksimal mungkin untuk memajukan pendidikan, baik kualitas maupun prestasi di bidang akademik dan non-akademik, agar sekolah ini tidak ketinggalan dari sekolah lain,”ungkap Drs. Nursalim, M.Pd,  Kepala SMPN 8 Cilacap
Nursalim menjelaskan, bahwa sekarang ini guru sedang disibukan dengan 3 hal yang dilakukan yaitu : Inpassing, Penyesuaian PAK dan Pengusulan kenaikan pangkat. “Dengan akan diberlakukannya aturan baru mulai 1 Januari 2013, tugas guru semakin besar telah menyongsong di depan.Kenaikan pangkat guru dengan berpedoman pada Permenmenpan Nomor 16 tahun 2009 tentang angka kredit, jabatan, dan peraturan bersama Mendiknas dan Kepala Kepegawaian Negara Nomor 3/V/PB/2010 dan Nomor 14 tahun 2010 tentang Petunjuk pelaksanaan jabatan fungsional dan angka kreditnya. Dengan begitu aturan terdahulu tentang angka kredit tidak berlaku lagi.”paparnya.
Dalam aturan baru tersebut, lanjut Kepala SMPN 8 Cilacap ini,  banyak kewajiban yang harus dipenuhi, antara lain ada 4 unsur utama yang diperhatikan : Pendidikan yang menjadi penilaian menyangkut ijasah dan diklat; Pembelajaran yaitu menyangkut tugas-tugas pokok guru didepan kelas dan tugas lain yang relevan dengan tugas sekolah; Pengembangan profesionalisme berkelanjutan dan unsur ke-3 ini menyangkut pelaksanaan pengembangan diri, melaksanakan Publikasi Ilmiah (PI) dan melaksanakan Karya Inovatif (KI); serta  Unsur Penunjang yang menyangkut pelaksanaan kegiatan yang mendukung tugas guru dan menyangkut gelar ijasah yang tidak sesuai dengan bidang yang diampunya.
“Jika merujuk pada aturan baru dalam kenaikan pangkat bisa disimpulkan bahwa guru yang baru diangkat diwajibkan melakukan pengembangan profesi sebagaimana yang diatur dalam peraturan baru. Tujuannya untuk meningkatkan dan memantapkan profesionalisme guru. Termasuk memberikan motivasi kepada guru untuk tetap memiliki komitmen melaksanakan tupoksinya sebagai tenaga profesional.”papar Drs.Nursalim MPd di ruang kerjanya

0 komentar:

Posting Komentar